Copyright © Supangat Abdurrafi
Mobile: 0815-972-8337
Email: supangatabdurrafi@yahoo.com
Milikilah asuransi saat anda  "merasa tidak perlu",  sebab saat anda  "merasa perlu"  jangan-jangan sudah terlambat.
Home Konsep Dasar Belajar Produk Data Asuransi Cara Klaim Belajar Polis Renungan






 Cara Menghitung Uang Pertanggungan 

Protected by Copyscape

Uang Pertanggungan ( UP ) asuransi jiwa pada intinya adalah jumlah uang yang akan dibayarkan oleh pihak penanggung ( perusahaan asuransi ) kepada penerima manfaat ( ahli waris ) jika tertanggung ( yang diasuransikan ) meninggal dalam masa asuransi.

Seiring dengan perkembangan jenis program asuransi jiwa, maka Uang Pertanggungan juga ternyata tidak hanya dibayarkan jika tertanggungnya meninggal, tetapi juga bisa dibayarkan jika tertanggungnya masih hidup sampai masa asuransinya berakhir. Ini yang biasanya dinyatakan sebagai kondisi mature ( polisnya sudah matang ).

Sebagaimana kita pelajari di dalam topik   Cara berasuransi yang tepat  bahwa program asuransi jiwa terdiri dari program dasar dan rider ( tambahan ), maka perlu diketahui bahwa masing-masing program itu mempunyai Uang Pertanggungan ( UP ) sendiri-sendiri. Artinya, asuransi dasar ada UP-nya sendiri, asuransi rider juga ada UP-nya sendiri.

Di sini kita akan membahas bagaimana cara menghitung Uang Pertanggungan asuransi jiwa yang tepat. Apakah hal ini penting ? Ya, sangat penting. Karena cara menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa ini akan menentukan apakah asuransi yang anda miliki benar-benar bisa mencukupi kebutuhan keluarga anda untuk hidup secara layak ataukah asuransi yang anda miliki hanya untuk "sekedar punya" saja.

Uang Pertanggungan minimal:
  UP minimal adalah UP yang bisa menjamin terpenuhinya kebutuhan keluarga untuk jangka waktu sampai anak anda bisa bekerja untuk menghasilkan pendapatan. Dengan demikian maka kebutuhan hidup keluarga anda dapat dipenuhi secara layak. Untuk yang itu maka anda harus memilih jumlah tertentu yang jika dikurangi oleh kebutuhan rutin keluarga secara kontinyu tetap cukup selama jangka waktu yang telah anda tentukan itu. Langkahnya adalah:
  - Tentukan jumlah pengeluaran rutin bulanan keluarga anda;
  - Tentukan jangka waktunya, mis. 20 th ( usia anak anda saat ini 5 th );
  - Tentukan suku bunga teknis yang akan anda gunakan;
  - Gunakan formula excel: UP = PV( bunga,periode,-biaya );
  - Itulah UP yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga anda.
Uang Pertanggungan Ideal
  UP yang ideal adalah UP yang bisa menjamin terpenuhinya kebutuhan keluarga untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Untuk yang ini maka anda harus memilih jumlah yang jika dikurangi oleh kebutuhan rutin keluarga secara kontinyu tetap cukup, tidak pernah habis. Langkahnya adalah:
  - Tentukan jumlah pengeluaran rutin bulanan keluarga anda;
  - Tentukan suku bunga teknis yang akan anda gunakan;
  - Bagilah pengeluaran rutin anda dengan suku bunga teknis;
  - Itulah UP yang ideal dengan perhitungan yang sangat sederhana.

 Praktek menghitung >>> 

Perhitungan di atas adalah perhitungan yang sangat sederhana, karena belum melibatkan besaran inflasi. Perhitungan yang paling ideal semestinya melibatkan besaran inflasi, sehingga jumlah yang didapatkan lebih tepat; hanya saja ini lebih rumit. Sebagai contohnya adalah seperti yang saya uraikan di dalam topik Seberapa kaya-kah anda ?

*****


Top